Menu Tutup

6 Cara Merawat Kelinci yang Baik dan Benar

Hewan peliharaan memiliki banyak keuntungan bagi pemiliknya, seperti halnya kesenangan tersendiri memiliki kelinci, membelai bulunya atau melihatnya melompat, kelinci adalah salah satu hewan peliharaan yang paling populer karena memiliki penampilan yang lembut dan menggemaskan, kelinci juga mudah dirawat untuk. merawat. Itu dapat ditemukan di mana-mana.Namun, Anda harus merawat herbivora ini  dengan baik. Nah, jika anda memiliki kelinci sebagai hewan peliharaan  atau berencana untuk memelihara hewan ini, sebaiknya anda memperhatikan cara merawat kelinci yang baik dan benar.

Siapkan Kandang yang Nyaman

Hal terpenting dalam memelihara kelinci adalah menyediakan kandang yang sesuai dan nyaman. Pastikan kandang tidak terlalu sempit agar kelinci bisa bebas bergerak. Anda dapat meletakkan jerami atau rumput kering dan serutan atau serbuk gergaji halus di bagian bawah kandang. Kandang agar kelinci  nyaman saat tidur Siapkan juga wadah untuk kotoran dan tempat  minum di area sekitar kandang.

Menjaga Kebersihan Kandang

Dengan kandang yang sudah siap, hal selanjutnya yang  perlu Anda lakukan adalah menjaga kebersihannya. Anda bisa memulainya dengan membersihkan kotak kotoran kelinci dan kemudian mencuci wadah tempat kelinci minum. Anda juga perlu membuang serpihan kayu dan jerami yang kotor. Lakukan ini secara rutin, cukup seminggu sekali.Namun, perlu untuk mencuci kotak pasir dan mangkuk air setiap hari.Sediakan setidaknya dua kotak pasir dan mangkuk air untuk menjaga kandang tetap penuh selama pembersihan.

Memberikan Makanan Bernutrisi

Tentu saja Anda harus memperhatikan asupan makanannya, karena  sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan kelinci. Pilihan makanan kelinci yang bisa Anda berikan antara lain pelet dan rumput segar. Namun, Anda bisa memberikan nutrisi tambahan dari beberapa sayuran seperti bayam, kangkung, lobak, daun ketumbar, sawi, selada air dan seledri. Pastikan juga ada asupan air yang cukup di dalam kandang. Perlu Anda ketahui, meski dikenal sebagai pemakan wortel, ternyata  kandungan gula yang tinggi pada wortel justru tidak baik untuk kesehatan kelinci, lho?Anda masih bisa memberinya wortel sesekali.

Ketahui Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kelinci               

Dari segi nutrisi, ini berarti Anda juga harus tahu makanan mana yang tidak boleh dikonsumsi. Ada beberapa makanan yang tidak boleh dimakan kelinci, termasuk jagung, kol, kacang-kacangan, dan kentang. Pastikan Anda tidak memberi mereka bambu. , biji-bijian, biji-bijian dan daging sebagai makanan. Tidak hanya itu, jangan pernah memberikan makanan manusia atau makanan olahan lainnya kepada kelinci.

Beri Waktu Bermain

Kelinci membutuhkan  waktu  di luar kandang. Sebaiknya beri kelinci Anda waktu bermain di luar ruangan selama 6-8 jam. Jika Anda tidak punya banyak waktu luang, Anda bisa membiarkannya bermain dengan bebas. Namun, pastikan  kelinci ada di dalamnya. area berpagar atau dipantau untuk mencegah mereka melarikan diri. Agar lebih menyenangkan, beri dia bola  atau boneka kecil untuk dimainkan.Jika mereka tidak memilikinya, berikan saja kotak kardus bekas untuk dikerutkan.

Hindari Belai Area Kepala

Anda mungkin berpikir bahwa salah satu cara terbaik untuk merawat kelinci  adalah dengan sering membelai kepala mereka karena itu membuat mereka bahagia dan dicintai, tetapi sebaliknya, cara merawat kelinci ini akan membuat stres karena kelinci bergaul dengan sangat baik. Perawatan area kepala. Sentuh dan belaian. Menjaga tangan Anda di area ini bisa terasa seperti Anda lalai memegang area kepala. Jika Anda ingin memelihara hewan lucu ini, Anda hanya perlu menggosok tubuhnya lambat.

Berikut adalah tips untuk merawat Kelinci peliharaan anda agar tetap sehat ya guys!