Menu Tutup

7 Rekomendasi Ikan Cupang yang Bisa Jadi Peliharaan  

Bagi anda yang sedang mencari hewan peliharaan, mungkin ikan cupang bisa menjadi solusinya. Ikan ini sangat mudah dipelihara lho. Selain sebagai hobi, makan ikan juga bisa membantu menghilangkan stres. Jadi jika Anda  tertarik untuk membeli ikan cupang, mari kita lihat dulu. Pada artikel berikut ini Anda akan mempelajari lebih lanjut tentang 20 jenis ikan cupang yang bisa Anda dapatkan di pasaran.

Crown Tail atau Cupang Serit

Selain Cupang Halfmoon, Cupang Ekor Mahkota ini juga memiliki sifat yang sesuai dengan namanya. Disebut ekor mahkota atau “ekor mahkota” karena bentuk ekornya  seperti mahkota ketika dibalik. Ikan ini juga tergolong spesies cupang  mahal karena cukup langka di pasaran dunia.

Ikan Cupang Veiltail

Cupang cadar memiliki sirip panjang dengan ekor yang menjorok ke atas dan ke bawah. Ini adalah jenis cupang  yang paling umum  di pasaran. Karena sangat umum dibiakkan, Anda dapat menemukan  Veiltail Betta di hampir semua pola dan kombinasi warna yang memungkinkan. Pola marmer dan koi mungkin sulit ditemukan, tetapi terkadang memang demikian. Veiltail bukanlah perenang yang baik, juga tidak terlalu agresif.

Ikan Cupang Double Tail

Cupang Double Tail terlihat sangat unik karena memiliki dua ekor yang berbeda. Setiap sirip ekor memiliki alas yang berbeda, satu di atas dan satu di bawah garis tengah ikan. Cupang Ekor Ganda adalah hasil dari mutasi genetik. Hasilnya adalah Cupang dengan dua sirip ekor yang berbeda.

Ikan Cupang Combtail

Combtail Betta memiliki bentuk atau ukuran ekor yang biasa. Ekor yang penuh dan megah biasanya terlihat dalam bentuk bulat yang khas. Yang membedakan spesies cupang  ini adalah lingkar dan garis yang melintang di sirip ekor. Alhasil, Anda akan melihat tampilan yang sedikit runcing.

Ikan Cupang Halfmoon

Jenis Halfmoon memiliki ekor bulat besar yang memanjang hingga 180 derajat.Ujung ekor berbentuk bulat, sehingga siluet ekornya terlihat seperti setengah lingkaran, sehingga mendapat julukan “Halfmoon”. Sirip punggungnya cukup besar dan bentuknya cenderung  membulat, tidak cekung seperti ekor kerudung. Sirip dubur membentuk tirai besar di bawah perut ikan. Ketiga siripnya tumpang tindih, membuat ikan terlihat seperti bunga yang sedang mekar.

Ikan Cupang Plakat

Poster Bettas berwarna cerah dan lebih mirip dengan Bettas liar. Mereka memiliki ekor pendek dan bulat, itulah sebabnya beberapa orang mengira mereka betina. Jenis plakat ini memiliki kemampuan berenang  lebih cepat dibandingkan  jenis cupang lainnya karena tidak sarat dengan kompleks. Sirip Mereka dapat bergerak cepat di dalam tangki dan juga memiliki kemampuan melompat yang kuat. Oleh karena itu, jaga agar tangki tetap tertutup rapat untuk menghindari segala jenis plakat yang coba untuk  keluar

Ikan Cupang Rosetail

Betta Rosetail berevolusi dari Halfmoon Betta. Perbedaannya terletak pada percabangan ekornya yang luas, percabangan tersebut menciptakan penampilan yang kusut menyerupai kelopak bunga mawar yang terlipat, sehingga dinamakan “ekor mawar”. Meskipun penampilannya mengesankan, Rosetail membutuhkan pemantauan yang cermat, karena spesies cupang ini rentan  menggigit ekor.Mereka akan menyerang dan mulai mengunyah ekornya, belum ada yang tahu mengapa, tetapi menggigit ekor dapat menyebabkan infeksi dan kemungkinan kehilangan ekor pada cupang.

Berikut adalah 7 Rekomendasi  Jenis Ikan Cupang yang Bisa Anda Pelihara dan terpopuler saat ini.