Menu Tutup

Daftar 6 Jenis Burung Jinak yang Cocok Untuk Dipelihara

Terkadang, memelihara burung memanglah salah satu pilihan yang tepat untuk mengatasi stress dan jenuh. Namun, beberapa dari mereka tentunya memiliki macam-macam jenis dengan perawatan yang berbeda-beda.

Sebelum mulai untuk memelihara burung, sebaiknya kamu lebih mengetahui jenis burung apa saja yang sesuai dan jinak untuk dipelihara.

Berikut ini adalah 6 jenis burung jinak yang cocok untuk kalian pelihara.

1. Burung Kenari

Salah satu burung peliharaan di rumah yang pintar ini bisa menirukan suara-suara burung lainnya.

Burung kenari juga tidak berbahaya untuk anak-anak dan keluarga karena ukuran tubuhnya yang mungil.

Burung kenari juga cukup mudah dari segi perawatannya, yang dimana kamu hanya perlu memberikan makan, minum, berjemur, hingga membersihkan sangkat si burung secara rutin.

Burung kenari juga bisa kamu dapatkan dengan mudah di kalangan yang biasanya harganya di mulai dari Rp 80.000

2. Burung Lovebird

Burung yang memiliki bulu berwarna-warni ini sangat disukai oleh anak-anak. Tak hanya itu, burung jinak cantik yang satu ini juga dapat dilatih kemampuannya seperti lomba-lomba burung kicau yang kita ketahui.

Burung yang terkenal cerdas dan bisa melakukan atraksi jika dilatih ini membuatnya sangat populer untuk dijadikan burung peliharaan di kalangan.

Perawatan burung ini juga terbilang sangat mudah karena kecantikannya dan bisa kamu dapatkan di kalangan mulai dari harga Rp 200.000 hingga jutaan rupiah.

3. Burung Cockatiel

Burung yang biasa disebut burung kakatua mini atau burung Australia ini telah menjadi burung peliharaan yang bisa melakukan berbagai atraksi karena ketangkasannya.

Burung yang bisa meniru suara manusia dan suara burung lainnya ini tentunya sangatlah pintar, yang bahkan ia bisa meniru suara bel, suara klakson, hingga microwave.

Namun, burung yang cocok untuk di pelihara satu ini memang terbilang cukup mahal yang mencapai 850.000 hingga 1 jutaan.

4. Burung Parkit

Burung yang hampir mirip dengan lovebird ini memiliki ukuran tubuh yang sama namun tidak sepenuhnya sama.

Burung parkit memiliki corak bulu yang berbeda dari burung lovebird karena adanya corak garis hitam di sekitar kepala serta punggungnya.

Burung ini bisa dijadikan burung peliharaan yang terlatih dan tentunya bisa diajak bermain keluar sangkar jika sudah jinak.

Tak hanya itu, burung yang jinak satu ini juga sangat murah di jual di kalangan yang bisa kamu dapatkan seharga Rp 50.000 saja.

5. Burung Cendet

Burung yang memiliki berbagai variasi warna ini ada 4 jenis warna didalamnya yakni, hitam, putih, coklat, serta abu-abu.

Suara yang dapat meniru suara burung lainnya dan cukup lantang ini tergolong burung yang cukup agresif karena sangat liar.

Walaupun begitu, mereka sangat mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan yang membuatnya mudah untuk dijinakkan. Burung murah seharga 50 ribuan ini bisa kalian temukan dengan mudah di kalangan.

6. Burung Pacific Parrotlet

Burung yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan terkadang akan bertindak agresif saat ingin mengejar sesuatu ini memiliki bagian paruh yang bengkok dan unik.

Burung yang satu ini dapat dijinakkan dengan mudah jika dirawat dengan benar walaupun memang sangat sedikit peminatnya.

Bukan karena agresifnya, melainkan burung ini jarang sekali dijadikan peliharaan karena harganya yang cukup tinggi bisa mencapai 1 juta hingga belasan juta rupiah.

Nah, itulah 6 jenis burung jinak yang cocok untuk dipelihara. Tidak hanya untuk refreshing, para burung yang sudah jinak dan terlatih juga bisa mengikuti kompetisi-kompetisi yang ada lho!